Penyediaan Air bersih menjadi kebutuhan dasar Masyarakat desa, Khususnya warga desa Karangmalang saat ini sudah dapat menikmat air bersih melalui program Hibah Khusus pamsimas dan suport Dana Desa yang dialokasikan Pemerintah Desa sebagai kegiatan prioritas Tahun 2021Hasil musrenbang Penyediaan air bersih menjadi kesepakatan bersama dan merupakan kebutuhan mendesak sehingga Pemerintah Desa berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan air bersih agar dapat menjangkau seluruh masyarakat di Desa Karangmalang.

Penyediaan air bersih sampai saat ini sudah dapat menjangkau dua dusun di Karangmalang yaitu dusun 01 dan Dusun 02 dengan jangkauan Rumah Tangga pengguna mencapai 400 Rumah tangga sampai dengan bulan Oktober 2021 tercatat pendaftar pengguna air bersih mencapai 120 Kepala Keluarga / Rumah tangga, dan sudah terpasang instalasi meter air sebanyak 87 Rumah tangga, seperti disampaikan oleh Ketua BP-SPAM Tirta Manjur Ampris Wahono, Tim BP-SPAM terus melakukan peningkatan pelayanan dan menambah pipa – pipa sub jaringan agar dapat menjangkau seluruh rumah tangga.

Air bersih di Desa Karangmalang merupakan kebutuhan yang termasuk relatif mahal / berharga kekurangan air bersih setiap tahun di masa musim kemarau adalah kejadian rutin di Desa Karangmalang, bantuan Air bersih di tahun – tahun sebelumnya begitu banyak baik dari Pemerintah Daerah melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Purbalingga, Instansi – instansi Pemerintah, Lembaga – lembaga lain juga setiap tahun memberikan bantuan air bersih ke desa Karangmalang.

Tahun 2021 menjadi tonggak sejarah keberhasilan penyediaan air bersih walaupun dengan penuh perjuangan dan kerjasama yang sinerji dengan seluruh lapisan masyarakat, dan beberapa desa yang melakukan kerjasama dalam penyediaan air bersih, diantaranya Desa Tlagayasa, Dagan dan Banjarsari Pipa induk sepanjang 8,2 Km telah terpasang memalui 4 desa tersebut.